Panda Merah Lucu Pertama Yang Lahir Di Taman Safari Indonesia

oleh

Berita Unik – Seekor panda merah lahir di Taman Safari Indonesia! Kabar gembira ini disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, di akun Twitter miliknya pada 17 Januari 2019 lalu. Dengan kelahiran panda merah ini , pastinya semakin menambah daya tarik bagi Taman Safari Indonesia ini. Seperti apa lucunya? Simak uraian berikut ini!

Terlahir Dari Pasangan Panda yang Didatangkan dari Tiongkok Tahun 2017

 

 

Bayi panda merah lahir di Taman Safari Indonesia pada Kamis 17 Januari 2019 lalu pukul 06.30 WIB, seperti yang disampaikan pihak Taman Safari Indonesia melalui akun Instagramnya. Terlahir dari dua panda merah bernama Xing Xing yang berumur 8 tahun dan Bai Bai yang berumur 9 tahun.

Xing Xing dan Bai Bai merupakan dua panda merah yang langsung didatangkan dari Tiongkok pada 13 Oktober 2017 lalu. Yang mana mereka datang bersama beberapa ekor panda lainnya dan menjadi penghuni Taman Safari Indonesia.

Pertama di Indonesia dan Termasuk Langka di Dunia

Panda merah lucu yang lahir di Taman Safari Indonesia ini merupakan yang pertama di Indonesia. Membawa arti besar bagi konservasi dengan lahirnya bayi panda ini karena terus mengalami penurunan. Ia termasuk hewan “terancam punah” berdasarkan IUCN Red List.

Penyebabnya adalah perburuan liar, entah dalam keadaan hidup atau mati. Keadaan ini secara langsung membuat keberadaan panda merah menjadi terancam.

IUCN sendiri adalah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources. Lembaga tersebut merupakan organisasi internasional yang khusus didedikasikan untuk hal-hal yang berkaitan dengan konservasi sumber daya alam.

Proses Panjang Saat Proses Kelahiran

Kelahiran panda merah di Taman Safari Indonesia seperti penuturan Jansen Manansan Direktur TSI Cisarua.Pihak Taman Safari telah melakukan upaya untuk perkembangbiakan panda merah.

Baca juga : Inilah Pegulat Cewek Terseksi Dengan Bayaran Termahal di Dunia !!

Mulai dari proses perjodohan, pengamatan perilaku, perkawinan, hingga pemantauan status reproduksi induk melalui pemeriksaan ultrasonografi. Membuahkan hasil dari proses yang panjang, hingga bayi panda merah pun dapat lahir di Taman Safari Indonesia.

Taman Safari Indonesia merupakan salah satu dari 84 Lembaga Konservasi (LK) yang terdaftar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sehingga, TSI berada di bawah pembinaan serta pengawasan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK.

Mendapatkan sambutan baik dari banyak pihak dengan lahirnya bayi panda merah. Walau berbeda ukurannya dari panda berwarna hitam putih yang beratnya bisa mencapai 70-100 Kg, panda berbulu merah dan tebal ini tidak kalah menggemaskan.

ENJOYQQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *